Guru
menjadi tolak ukur keberhasilan dalam mengajar. Kemanakah anak akan
dibawa, tentunya guru yang mensetting alur pembelajaran. Ibarat mobil
adalah siswa, maka guru sebagai sopirnya. Berbicara tentang metode
banyak sekali jenis dan macamnya. Dan di setiap metode sudah pasti
memiliki kelemahan dan keunggulan tersendiri.
Tetapi apakah anda sudah mengetahui apa arti dari metode pembelajaran? Jika anda belum paham silahkan anda baca sejenak. Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli
Selanjutnya,
menurut Nana Sudjana(dalam buku Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar,
1989:78 – 86), terdapat bermacam-macam metode dalam pembelajaran, yaitu
akan dijabarkan sebagai berikut :
Di bawah ini akan dijabarkan Metode Pembelajaran, yaitu:
1. Metode ceramah
Metode ini pasti sudah tidak asing lagi di kalangan pendidik.
Metode ini dilakukan dengan cara menyajikan pelajaran melalui
penuturan secara lisan atau penjelasan langsung oleh guru kepada siswa.
2. Metode Demonstrasi
Metode ini merupakan metode yang dilakukan dengan cara
menyajikan pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan suatu proses,
situasi, atau benda tertentu, baik sebenarnya, maupun tiruan, sehingga
pelajaran yang diajarkan akan lebih mudah dipahami oleh siswa.
3. Metode Diskusi
Metode diskusi yaitu metode pembelajaran yang dilakukan
guru dengan cara memberikan siswa sebuah permasalahan. Tujuan utama metode ini
adalah untuk memecahkan suatu permasalahan, menjawab pertanyaan,
menambah dan memahami pengetahuan siswa, serta untuk membuat
suatu keputusan.
4. Metode Simulasi
Metode
ini dimaksudkan untuk memahami konsep, prinsip, atau keterampilan tertentu
dengan cara penyajian pengalaman belajar dengan menggunakan situasi tiruan.
Jenis-jenis simulasi yaitu:
- Simulasi sosiodrama, yaitu metode pembelajaran
bermain peran untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan
fenomena sosial.
- Simulasi psikodrama, yaitu metode pembelajaran
dengan bermain peran yang bertitik tolak dari permasalahan-permasalahan psikologis.
- Simulasi role playing, yaitu metode
pembelajaran bermain peran sebagai bagian dari simulasi yang di arahkan
untuk rekreasi peristiwa sejarah, peristiwa aktual, atau
kejadian-kejadian yang mungkin muncul pada masa yang akan datang
(Sanjaya, 2006: 18-22).
5. Metode Belajar sambil Bermain
yaitu
metode yang menggunakan berbagai permainan dalam proses pembelajaran. Permainan
tersebut diantaranya bisa dibuat sendiri dengan menggunakan alat dan bahan
sederhana sehingga siswa tertarik dan senang dalam belajar. Dan dalam pembuatan
permainan tersebut harus dikaitkan dengan psikologis siswa, baik kognitif,
afektif, maupun psikomotor.
6. Metode Resitasi
Metode Resitasi adalah
suatu metode pengajaran dengan mengharuskan siswa membuat resume dengan kalimat
sendiri. Dengan metode resitasi ini siswa akan memberanikan diri menulis dengan
caranya sendiri, bertanggung jawab dengan hasil tulisannya dan akan selalu
ingat dengan materi yang diajarkan.
7. Metode Eksperimental
Yaitu suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa
melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu
yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami
sendiri atau melakukan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu
obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang obyek
yang dipelajarinya.
8. Metode Study Tour (Karya wisata)
Yaitu
suatu metode mengajar dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek-obyek
wisata guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat
laporan dan mendiskusikan serta membukukan hasil kunjungan tersebut dengan
didampingi oleh guru.
9. Metode Latihan Keterampilan
Metode ini merupakan suatu metode mengajar dengan memberikan
pelatihan keterampilan secara berulang kepada peserta didik, dan mengajaknya
langsung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi,
kegunaan dan manfaat sesuatu (misal: membuat keranjang dari bambu, dan
lain-lain).
10. Metode Pengajaran Beregu
Yaitu sebuah
metode mengajar yang mana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing
mempunyai tugas tertentu. Biasanya salah seorang pendidik ditunjuk sebagai
kordinator.
11. Metode Pemecahan Masalah
Metode
problem solving merupakan metode yang merangsang berfikir untuk menggunakan
wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan oleh siswa. Seorang
guru harus pandai-pandai merangsang siswanya untuk mencoba mengeluarkan
pendapatnya.
12. Project Method
Metode ini adalah
metode perancangan adalah suatu metode mengajar dengan meminta peserta didik
merancang suatu proyek yang akan diteliti sebagai obyek kajian.
Update !!!
Metode Tanya Jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat ywo way traffic, sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru dengan siswa.
Metode latihan adalah suatu teknik mengajar yang mendorong siswa untuk melaksanakan kegiatan latihan agar memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari.
Metode yang digunakan untuk mengajarkan nilai-nilai dan memecahkan masalah- masalah yang dihadapi dalam hubungan sosial dengan orang-orang di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Dalam pelaksanaannya siswa diberikan peran tertentu dan melaksanakan peran tersebut serta mendiskusikannya di kelas. (Ibrahim, 2003: 107).
Demikian Metode Pembelajaran Terbaru yang di kutip dari berbagai sumber. Semoga dengan adanya metode-metode tersebut siswa tidak bosan dan selalu semangat dengan pelajaran anda. Semoga bermanfaat dan terimaksih.
Sumber : sdn2pasarbatu.blogspot.com
13. Metode tanya jawab
Metode Tanya Jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat ywo way traffic, sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru dengan siswa.
14. Metode latihan (drill)
Metode latihan adalah suatu teknik mengajar yang mendorong siswa untuk melaksanakan kegiatan latihan agar memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari.
15. Metode Sosiodrama
Metode yang digunakan untuk mengajarkan nilai-nilai dan memecahkan masalah- masalah yang dihadapi dalam hubungan sosial dengan orang-orang di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Dalam pelaksanaannya siswa diberikan peran tertentu dan melaksanakan peran tersebut serta mendiskusikannya di kelas. (Ibrahim, 2003: 107).
Demikian Metode Pembelajaran Terbaru yang di kutip dari berbagai sumber. Semoga dengan adanya metode-metode tersebut siswa tidak bosan dan selalu semangat dengan pelajaran anda. Semoga bermanfaat dan terimaksih.
Sumber : sdn2pasarbatu.blogspot.com
Post a Comment